Cerita Jawara Betawi Tempoe Doeloe


Dulu, di tanah Betawi, gak pernah sepi ama yg namanya Jawara. Jago-jago silat yang rata-rata bergelang bahar dan bergolok itu ‘ngamprak’ dimana-mana. Sampai-sampai mau ngelamar pacar  kudu dites dulu ilmu silatnya ama calon mertua. Kalau kalah tanding urusannya bisa gagal jadi mantu. Maklum, itu waktu kompeni ada dimana-mana.

Kompeni kalau bertindak suka semau-maunya. Main tangkap dan main hajar sembarangan. Banyak pemuda Betawi yang mati kapiran ditangan kompeni-kompeni biadab itu. Belum lagi kelakuan centeng-centeng tuan tanah yang juga gak kalah bengisnya. Orang-orang kampung yang gak mau bayar utang habis dibikin babak belur. Makanya jangan heran kalau anak-anak muda Betawi getol belajar silat buat ngelawan yang begituan. 

Pada abad 18 muncul seabreg jawara-jawara dari tanah Batavia, mulai dari Tenabang, Pekojan, Mester, Rawa Belong, Kemayoran, Kwitang, Kebon Nanas, Cawang, Condet, Depok, ama Bekasi. Itu waktu jawara yang terkenal di Betawi banyak banget, ada Pitung, Jampang, Ji’ih, Entong Gendut, Wan Kadir, Mat Peci, Sabeni, Murtado, Darip, Jaelani, Puase, Ja’man, Mat Item, Wan Ali Lubi, Wan Hamid Kranji, Asenie, dan masih banyak lagi.

Jawara Betawi rata-rata berkepandaian silat tinggi. Tapi malang melintang di Betawi itu waktu gak bisa cuma ngandelin silat doangan. Itu jawara-jawara harus punya ilmu lain biar tambah sakti. Macam-macam ilmu kesaktian yang dijadiin andelan jawara, diantaranya ilmu pancasona, anti bacok, anti pelor, ilmu terbang, atau ilmu rawarontek. 

Jago-jago ilmu kebal yang rata-rata tinggal di daerah Kulon atawa Banten disamperin banyak jawara-jawara buat berguru nambah ilmu. Jawara yang baru pulang berguru dari Kulon langsung disegenin ama jawara lain. Centeng-centeng tuan tanah juga jadi pada kebakaran jenggot, urusan rentenir tuannya bisa disetop ama itu jawara yang pasti ngebela orang miskin.

Meski begitu ada juga jawara berkepandaian tinggi tapi hampir-hampir gak pernah pakai kekerasan buat memberantas kezaliman kayak Wan Kadir, jawara asal Kebon Coklat, Kampung Melayu. Wan Kadir gak perlu repot-repot nurunin tangan buat membasmi jawara-jawara jahat. Cukup pakai mulut, itu jawara-jawara sudah gemeteran dan langsung kabur terbirit-birit. Habis generasi Wan Kadir muncul lagi dua murid penerusnya menggantikan Wan Kadir kayak Wan Ali Lubi dan Wan Hamid yang cara ama gaya jawaranya tidak berbeda jauh dengan Wan Kadir.

 Dengan keahlian silat yang dimiliki, para jago-jago Betawi membela orang-orang kampung yang dizolimi. Centeng-centeng bayaran yang biasa petantang petenteng nagih utang, yang biasa tulak pinggang sambil doak-doakan giliran balik dibikin bengap-bengap. Tuan tanah kepalanya jadi pusing. Bule kumpeni lebih pusing lagi. Penghasilan Kumpeni dari setoran pajak jadi berkurang. Para staf di Gubernemen Hindia Belanda badannya pada encok-encok. Bini-bini orang Belanda ikutan meriang. Gubernur Belanda puter otak sampai begadang-begadang. Cara satu-satunya biar tenang itu jawara-jawara kudu ditangkep dan dibui, kalau berani ngelawan Kumpeni biar ditembak mati aja sekalian. Akhirnya itu jawara-jawara pada jadi buronan kumpeni di kampung sendiri.

Kumpeni nyuruh marsose, opas, ama centeng-centeng masuk keluar kampung buat nangkep jawara-jawara. Tapi yang dicari susah banget ketemu. Malahan ada jawara yang udah dikepung Kumpeni pake bisa lolos. Tapi kalau pas giliran ketemu urusannya malah jadi tambah keblangsak. Serdadu Belanda dibikin pulang tinggal nama alias ko’it. Centeng-centeng habis digaplokin sampai bonyok-bonyok. Dari sekian banyak jawara yang selamat gak ketangkep, ada jawara –jawara yang justru mati ditangan Kumpeni. Entong Gendut ama Pitung hidup di satu jaman, tapi dua-duanya mati diberondong marsose pakai peluru emas. Entong Gendut ditembak mati di kali Ciliwung Condet, kalau Pitung ditembak mati di Marunda. Mayit jawara pada dikubur tapi jiwa perjuangannya gak ikut terkubur, malah perjuangannya makin berkobar dilanjutin ama jawara-jawara Betawi lain.






You May Also Like

5 comments

  1. jawara betawi yang masih saya ingat adalah Wan Hamid Kranji

    BalasHapus
  2. Biografi Jagoan KLENDER dong , kaya haji Darip dll

    BalasHapus
  3. Mantab kisah nya..ingin rasanya tahu setiap jawara tsb masing masing berguru kpd siapa saat itu??mohon info lengkap kisahnya,serta keturunan2 nya..berupa silsilah kelg nya.tksih

    BalasHapus
  4. Pernah diceritain juga...dulu di daerah Kedoya juga ada orang yg punya ilmu cukup tinggi, namanya wan Umar, wan Hamid sama wan Ali, terus pindah dari Kedoya dan orang orang juga gak tau pindahnya kemana,,,menurut orang tua dulu,,,wan Umar tempat orang minta nasehat,,,dan hal yg menakjubkan darinya adalah saat main layangan koangan, jika layangannya miring ke kiri atau ke kanan, wan Umar naik keatas melalui benang layangan, dan betulin talikama layangan di atas ( di udara) begitu cerita orang orang Kedoya jaman dulu. Kalo mat item emang asli kemanggisan, pernah di ceritain sama engkong dan nyai saya, kalo mat item suka ke rumah, sambil ngopi, engkong saya temen main judinya mata item waktu engkong saya masih sering main judi, setelah insyaf, engkong saya terus pergi haji, menurut cerita orang dulu juga ada 1 orang di kedoya yang ditakutin sama mat item, yaitu kumpi saya sendiri, namanya Ki Sale bin Daim, menurut cerita orangtua dulu, Ki Sale salah satu orang yang sampe tua masih jadi jagoan ( disebut jago tua ), maaf sy hanya menyampaikan apa yg diceritakan orang'tua dulu kepada saya, jika cerita ini salah saya mohon maaf,,,🙏🙏🙏🙏🙏 terimakasih

    BalasHapus